Featured

    Featured Posts

Rambut Rontok Pasca Melahirkan Normal atau Tidak?

Rambut Rontok Pasca Melahirkan Normal atau Tidak
Sebagai wanita yang baru saja melahirkan tentu menjadi momen yang sangat membahagiakan. Adanya buah hati yang hadir tentu menjadi kejutan istimewa. Namun ditengah kebahagiaan yang dirasakan sering kali para wanita dilanda gelisah karena efek dari perubahan-perubahan hormon yang terjadi pasca melahirkan. Contoh yang sering terjadi adalah rambut yang mengalami kerontokan.

Rambut rontok pasca melahirkan adalah sesuatu yang normal. Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh membuat rambut kehilangan nutrisi yang di dapat saat masa kehamilan. Pasalnya pada masa kehamilan tubuh mendapat dan mengolah nutrisi lebih banyak dibanding masa sebelum kehamilan. Sehingga pada masa pasca melahirkan tubuh kembali ke keadaan sebelum kehamilan.

Umumnya wanita sangat menyukai rambut mereka. Namun mereka harus menghadapi kondisi pasca melahirkan ini. Misalnya rambut akan rontok kurang lebih 100 helai per hari. Hal ini akan anda alami selama 6-12 bulan tergantung kondisi tubuh masing-masing.

Menurut penelitian yang dilakukan di inggris lebih dari 50% wanita hamil akan mengalami kerontokan rambut pasca melahirkan. Namun tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan menyebabkan kebotakan dan akan segera kembali kepada kondisi normal. Kecuali jika mereka mengalami depresi maka kerontokan akan lebih parah dan akan berlangsung lebih lama.

Kerontokan pasca melahirkan memang tidak bisa dihindari dan dihentikan. Namun, pertumbuhan rambut baru dapat diusahakan dengan perawatan yang tepat. Anda dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan memijat kepala anda selama 1-2 menit sebelum keramas. Pemakaian masker rambut atau penyubur rambut juga dapat dilakukan. Asupan makanan bernutrisi dan berprotein juga sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut. Dengan merawat rambut agar tetap bersih dan sehat dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru yang lebih indah dan kuat.
author

Dean Ayu

adalah seorang blogger sekaligus seorang ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luangnya untuk menulis. Ikuti selalu jejak info terbaru dari Dean, salam

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

www.CodeNirvana.in

Wikipedia

Search results

Copyright © Informasi Dean | Blogger Sehat | Designed By Code Nirvana