Featured

    Featured Posts

Demam Pada Anak Dan Cara Menanganinya

Sebagai seorang ibu tentu akan merasa khawatir jika sang anak mengalami hal yang membuatnya tidak nyaman. Salah satu masalahnya adalah jika sang anak mengalami demam. Demam sangat sering terjadi pada anak-anak terlebih anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Demam adalah suatu hal yang normal. Demam merupakan reaksi yang dilakukan tubuh untuk melawan kuman. Dengan naiknya suhu tubuh, kuman akan merasa tidak nyaman untuk berada didalam tubuh.

Seorang anak akan merasa kurang nyaman dengan perubahan suhu tubuhnya. Biasanya mereka akan tidak bernafsu untuk makan. Hal ini masih terbilang wajar. Ibu tidak perlu langsung khawatir akan hal itu. Namun jika suhu tubuh melebihi 38°C anak perlu dibawa ke dokter.

Saat anak demam langkah pertama yang harus ibu lakukan adalah pakaikan pakaian yang longgar kepada anak. Hal ini dapat membantu suhu panas dalam tubuh lebih mudah untuk keluar. jangan selimuti anak dengan kain yang tebal. Hal ini dapat menghambat keluarnya uap panas dalam tubuh. Ibu bisa mengompres anak dengan air hangat. jangan mengompres dengan air dingin karena hal ini dapat membuat anak kejang. Berikan obat antipiretik seperti paracetamol atau ibuprofen. Ingat, obat antipiretik tidak berfungsi untuk menurunkan demam. Obat antipiretik hanya berguna untuk membuat anak merasa nyaman dan meredakan rasa nyeri yang timbul akibat panas. Hentikan penggunaan obat antipiretik jika anak sudah merasa tenang.

Demam biasanya adalah awal dari gejala penyakit. Demam dikatakan normal jika anak masih dalam kondisi yang wajar. Jika anak demam dan sering menangis segera bawa ke dokter atau pelayanan kesehatan lainnya. Karena hal itu dapat menjadi tanda adanya penyakit yang lebih serius. Perhatikan juga buang air kecil si anak. Jika intensitas buang air kecilnya jarang segera konsultasikan ke dokter. Hal itu karena bisa jadi anak mengalami dehidrasi. Untuk itu jika anak demam berikan ia minum yang banyak agar anak tidak dehidrasi. jika selama 3 hari suhu tubuh masih tinggi segera bawa ke dokter agar penyakit dapat segera diobservasi.


author

Dean Ayu

adalah seorang blogger sekaligus seorang ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luangnya untuk menulis. Ikuti selalu jejak info terbaru dari Dean, salam

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

www.CodeNirvana.in

Wikipedia

Search results

Copyright © Informasi Dean | Blogger Sehat | Designed By Code Nirvana