Featured

    Featured Posts

Cacingan pada Anak, Bahaya dan Pencegahannya

A. Cacingan pada anak

Penyakit cacingan merupakan penyakit yang sangat rentan dialami oleh anak-anak. Faktor utama yang menyebabkan terjadinya cacingan yaitu kebersihan lingkungan. Pada usia anak-anak mereka sangat aktif untuk mengeksplor dunia luar yang mungkin kurang terjaga kebersihannya. oleh sebab itu anak-anak mudah sekali terkena cacingan. Cacing biasanya masuk melalui makanan atau melalui kulit. Sanitasi yang tidak baik juga berpengarung terhadap kembang biak cacing. 

B. Bahaya cacingan

Cacingan sering dianggap sebagai penyakit yang wajar terjadi pada anak-anak. Namun banyak yang tidak sadar akan bahaya cacingan bagi anak-anak. Cacingan dapat menurunkan tingkat tumbuh kembang anak baik dari segi kesehatan maupun kecerdasan. Bukan hanya itu cacingan dapat juga menimbulkan berbagai penyakit pada anak-anak. Diantaranya anak akan mengalami anemia, IQ menurun, berat badan rendah, serta kecenderungan lesu dan malas beraktifitas.

Penyakit cacingan juga dapat mengakibatkan kekurangan gizi yang dapat mengganggu kecerdasan pada anak. Semakin banyak cacing yang tumbuh didalam tubuh semakin banyak pula dampak yang dirasakan oleh anak. Akibat kehilangan gizi yang masuk kedalam tubuh berat badan anak pun akan sulit untuk naik. Hal ini mengakibatkan anak terlihat kurus dan kurang sehat.

Kampanye dan penyuluhan tentang bahaya cacingan pada anak-anak pun kini sering diadakan di berbagai tempat. Hal ini menunjukkan bahwa cacingan bukan lagi penyakit yang sepele. Bahkan cacingan menjadi salah satu penyakit yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang.

C. Pencegahan cacingan

Pemberian obat cacing pada anak dapat dijadikan salah satu cara untuk mencegah penyakit cacingan. Kini banyak sekali obat cacing dengan berbagai merek yang di jual di apotek maupun toko obat lainnya. Pemberian obat cacing sebagai pencegahan dapat diberikan 6 bulan sekali kepada anak atau minimal 1 tahun sekali.

Selain pemberian obat, kebersihan juga sangat penting. Ajarkan kepada anak untuk mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah dari kamar mandi dan setelah bermain.

Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi anak kita. Asupan makanan yang sehat juga akan membuat badan sehat. Saat badan sehat itu berarti tubuh siap untuk melawan berbagai macam penyakit yang masuk ke tubuh, termasuk penyakit cacingan.


author

Dean Ayu

adalah seorang blogger sekaligus seorang ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luangnya untuk menulis. Ikuti selalu jejak info terbaru dari Dean, salam

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

www.CodeNirvana.in

Wikipedia

Search results

Copyright © Informasi Dean | Blogger Sehat | Designed By Code Nirvana