Featured

    Featured Posts

Benarkah Telinga Perlu Dibersihkan?

Telinga merupakan salah satu organ manusia yang mempunyai fungsi sebagai indra pendengaran. Bagi beberapa orang pasti merasa tidak nyaman jika bagian dari tubuhnya terasa kotor. Tak heran jika kita sering mengorek - ngorek telinga kita dengan cutton buds atau benda lainnya. namun benarkah telinga kita kotor?

Pada dasarnya telinga manusia tidak kotor dan tidak perlu dibersihkan.Telinga kita mempunyai kemampuan untuk melakukan  self cleansing ( pembersihan secara otomatis ). Biasanya self cleansing akan terjadi dengan bantuan gerakan rahang saat mengunyah atau berbicara. Hal ini juga terjadi secara otomatis saat pagi hari.

Dalam masyarakat kita, telinga yang bersih seakan menjadi indikator seseorang mempunyai kebiasaan yang bersih pula. Persepsi inilah yang membuat masyarakat kita begitu rajin membersihkan telinga. Cutton buds adalah benda yang sering dipilih untuk membersihkan telinga. Bentuknya yang kecil dengan bulatan kapas dikedua ujungnya sangat efektif untuk merogoh kotoran yang ada didalam telinga. Namun perlu diketahui bahwa telinga kita tidaklah kotor. Telinga memproduksi serumen ( getah telinga ) yang dapat melindungi telinga dari benda - benda asing yang masuk ke dalam telinga. Serumen inilah yang biasa kita anggap sebagai kotoran telinga. Serumen mempunyai peran penting dalam telinga kita. Serumen berfungsi sebagai pelindung terhadap kotoran, debu, pasir dan benda - benda lain yang dapat masuk ke telinga. Selain itu serumen juga berfungsi sebagai pelindung agar kuman, bakteri dan jamur tidak dapat hidup didalam telinga. Serumen juga dapat mempertahankan kelembaban tiang telinga, sehingga dapat menangkap serangga yang masuk ke dalam telinga.

Penggunaan cutton buds sebagai alat membersihkan telinga dapat mengakibatkan iritasi pada telinga yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu jika membersihkan telinga telalu dalam dapat menusuk gendang telinga yang mengakibatkan kebocoran gendang telinga. Infeksi pada gendang telinga ditandai dengan adanya pembengkakan pada gendang telinga. salah satu tanda infeksi pada telinga adalah timbulnya rasa nyeri pada telinga, telinga berwarna merah dan pendengaran terganggu.

Untuk menghindari infeksi pada telinga sebaiknya tindakan mengorek - ngorek telinga harus dihentikan. Jika ingin membersihkan telinga cukup hanya membersihkan bagian luar telinga saja. Penggunaan obat tetes untuk membersihkan telinga juga dapat mengurangi kemungkinan infeksi pada telinga.

author

Dean Ayu

adalah seorang blogger sekaligus seorang ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luangnya untuk menulis. Ikuti selalu jejak info terbaru dari Dean, salam

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

www.CodeNirvana.in

Wikipedia

Search results

Copyright © Informasi Dean | Blogger Sehat | Designed By Code Nirvana